Latihan Dasar Umum (LDU) bagi calon Penyuluh KB


KURIKULUM  PELATIHAN DASAR UMUM PROGRAM KB NASIONAL
BAGI PENYULUH LAPANGAN KELUARGA BERENCANA (PLKB)



I.      RASIONAL
Sejak penerapan system pemerintahan berdasarkan otonomi daerah, terjadi pula pergeseran paradigma dalam pelaksanaan Program KB dilapangan yang mempengaruhi gerak dinamis Program KB Nasional. Program KB Nasional yang di era sebelum desentralisasi menjadi primadona pembangunan sumber daya manusia terutama dalam peningkatan kesejahteraan ibu dan anak, sekarang ini pelaksanaannya menjadi sangat tergantung kepada kebijakan strategis pemangku jabatan yang ada di daerah.

Perubahan paradigma  tersebut mempengaruhi  kondisi SDM yang ada di Lapangan khususnya dalam perubahan  fungsi dan peran PLKB. Diantara mereka ada yang telah beralih tugas dan fungsinya dalam posisi sebagai PKB bahkan pindah tugas.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka BKKBN Provinsi Kalimantan Barat menganggap perlu untuk melaksanakan Pelatihan Dasar Umum (LDU) bagicalon Petugas Lapangan KB (PLKB)  sebagai modal dasar dalam pelaksanaan Program KKB Nasional di tingkat kecamatan dan desa.

II.    KRITERIA PESERTA
a.  Pegawai/Calon Pegawai Negeri Sipil yang disiapkan untuk menjadi Penyuluh KB Desa (PLKB)
b.  Memiliki kemampuan berkomunikasi dan memfasilitasi
c.  Pendidikan minimal SLTA
d.  Bersedia untuk melakukan kegiatan penyuluhan
e.  Bersedia melakukan pembinaan kepada Poktan KB

III.   URAIAN TUGAS
a.  Memberikan informasi dan penyuluhan tentang kesehatan Reproduksidan Keluarga Berencana
b.  Memberikal Penyuluhan dan pelayanan dalam pembinaan ketahanan dan pemberdayaan keluarga
c.  Membina peserta KB aktif
d.  Melaksanakan mekanisme operasional di TK Kecamatan /Desa
e.  Melakukan Koseling KR dan KRR kepada masyarakat
f.    Melakukan Pencatatan dan Pelaporan Pengendalian Lapangan

IV.      TUJUAN
a.  Umum
Menyiapkan tenaga Lapangan KB yang mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dalam pengelolaan dan pelaksanaan program KB di Kecamatan Desa melalui peningkatan pengetahuan tentang substansi program KKB

b.  Khusus
Secara khusus pelatihan ini bertujuan untuk
1.  Meningkatkan Pengetahuan PLKB tentang tugas dan fungsi sebagai petugas lapangan KB.
2.  Meningkatkan pengetahuan dan wawasan  tentang visi,misi, program dan kegiatan Program KB Nasional.
3.  Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan peserta pelatihan dalam melakukan penyuluhan tentang Program KB Nasional
4.  Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan peserta dalam pengembangan dan penggerakan masyarakat
5.  Meningkatkan  profesionalisme  dalam bekerja.

V.       KEMAMPUAN YANG DIHARAPKAN
Sesuai dengan tugas dan fungsinya, maka kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta adalah :
a.  Memiliki wawasan tentang visi,misi dan kegiatan Program KB Nasional.
b.  Memahami substansi tentan program KKB
c.  Memiliki Keterampilan dalam melakukan penyuluhan (KIE) tentang Program KB, Kesehatan Reproduksi dan Ketahanan Keluarga.l
d.  Memiliki Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan dalam melakukan penggerakan masyarakat
e.  Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pencatatan dan pelaporan
f.    Memiliki sikap profesional dalam bekerja.

VI.      PENGALAMAN BELAJAR
a.  Mempelajari Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional
1.  Membahas  Visi, Misi,  Tujuan dan Sasaran KKB
2.  Membahas  Kebijakan dan Strategi Program KKB
3.  Mendiskusikan Masalah Kependudukan dan KB
4.  Mendiskusikan  Pokok-pokok Kegiatan Program KKB


b.      Mempelajari Dasar-dasar Demografi
1.    Membahas Pengertian Demografi/Kependudukan
2.    Mendiskusikan Fertilitas
3.    Membahas  Mortalitas
4.    Menghitung Fertilitas dan Mortalitas
5.    Membahas Migrasi

c.      Mempelajari Tupoksi PLKB
1.    Membahas Tugas dan Fungsi PLKB
2.    Membahas kerjasama dengan sektor terkait
3.    Mendiskusikan Tata Cara Kerja PLKB
4.    Mendiskusikan Langkah Kerja PLKB

d.      Mempelajari Kesehatan Reproduksi Remaja
1.    Membahas  Pengertian, Tujuan, Sasaran dan Manfaat KRR
2.    MendiskusikaP pertumbuhan dan Perkembangan remaja
3.    Mendiskusikan  permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi remaja
4.    Mendiskusikan  Pendidikan seks

e.      Mempelajari Seksualitas
1.    Membahas Pengertian Seksual
2.    Mendiskusi kan Organ Reproduksi
3.    Mendiskusikan Pubertas
4.    Membahas Mimpi Basah
5.    Membahas Menstruasi
6.    Mendiskusikan Kehamilan
7.    Membahas Persalinan
8.    Mendiskusikan Konsekwensi melakukan Hubungan seksual diluar nikah

f.       Mempelajari HIV dan AIDS
1.    Membahas Pengertian HIV dqan AIDS
2.    Mendiakusikan Cara penularan HIV dan AIDS
3.    Membahas Media Penularan HIV dan AIDS
4.    Mendiskusikan Cara Penanggulangan Penularan HIV dan AIDS
5.    Mendiskusikan Proses Pemeriksaan Tes HIV dan AIDS

g.      Mempelajari Napza
1.    Membahas  Pengertian NAPZA
2.    Mendiskusikan  Jenis Napza
3.    Tahap Pengguna Napza
4.    Mendiskusikan penyalahgunaan Napza
5.    Mendiskusikan Dampak penggunaan Napza
6.    Mendiskusikan Cara penanggulangan

h.      Mempelajari Teknik Penggerakan Masyarakat
1.    Membahas Konsep Penggerakan dan Pemberdayaan Masyarakat
2.    Membahas Prinsip Penggerakan Masyarakat
3.    Mendiskusikan proses Penggerakan Masyarakat
4.    Mendiskusikan Tahap-tahap penggerakan masyarakat

i.        Mempelajari Pengelolaan Poktan BKB
1.    Membahas pengorganisasian poktan BKB
2.    Mendiskusikan Pelaksanaan Poktan BKB
3.    Mendiskusikan Pengendalian operasional Poktan  BKB

j.        Mempelajarri Pengelolaan Poktan BKR
1.    Membahas pengorganisasian poktan BKR
2.    Mendiskusikan Pelaksanaan Poktan BKR
3.    Mendiskusikan Pengendalian operasional Poktan  BKR

k.      Mempelajari Pengelolaan Poktan BKL
1.    Membahas pengorganisasian poktan BKL
2.    Mendiskusikan Pelaksanaan Poktan BKL
3.    Mendiskusikan Pengendalian operasional Poktan  BKL

l.      Mempelajari Jenis, Kartu, Registrasi, Formuli Pencatatan dan Pelaporan Pengendalian Lapangan KB
1.    Membahas Jenis  dan kegunaan Laporan TK Desa
2.    Membahas Jenis  dan kegunaan Laporan TK Kecamatan
3.    Membahas Jenis  dan kegunaan Laporan TK Kabupaten/Kota

m.    Mempelajari Cara Pengisian  Kartu, Registrasi, Formuli Pencatatan dan Pelaporan Pengendalian Lapangan KB
1.    Membahas cara pengisian Laporan TK Desa
2.    Membahas pengisian Laporan TK Kecamatan
3.    Membahas cara pengisian Laporan TK Kabupaten/Kota

n.      Mempelajari teknik KIE
1.    Membahas konsep KIE
2.    Mendiskusikan jenis-jenis KIE
3.    Prinsip-prinsip KIE
4.    Mendiskusikan langkah-langkah KIE
5.    Mengkaji hambatan-hambatan KIE

6.    Mempraktikan penyuluhan/KIE
o.      Mempelajari Pendewasaan Usia Perkawinan
1.    Membahas Konsep Pendewasaan Usia Perkawinan
2.    Mendiskusikan Remaja dalam Pendewasaan Perkawinan
3.    Mendiskusikan Pendewasaan Usia Perkawinan
4.    Mendiskusikan  aspek yang harus dipersiapkan sebelum perkawinan

p.      Mempelajari Bina Suasana untuk Membangun Komitmen
1.    Mensimulasikan teknik bina suasana
2.    Membahas dasar-dasar bina suasana
3.    Membahas cara melakukan bina suasana

q.      Mempelajari Rencana Tindak Lanjut Pelatihan
1.  Membahas teknik penyusunan RTL Pembentukan PIK R
2.  Menyusun RTL Penyuluhan
3.  Menyajikan RTL

VII.  STRUKTUR DAN ISI MATERI



NO.
MATA PELAJARAN
JAM PELAJARAN
T
P
L
JML
A.
DASAR





1.    Program Kependudukan dan KB Nasional
2
-
-
2
B.
INTI





1.    Demografi
2.    Kebijakana KB/KR
3.    Tupoksi PLKB
4.    Kesehatan Reproduksi Remaja
5.    Seksualitas
6.    HIV dan AIDS
7.    Napza
8.    Teknik Penggerakan Masyarakat
9.    Pengelolaan Bina Keluarga Balita
10.  Pengelolaan BKR
11.  Pengelolaan BKL
12.  Pencatatan dan Pelaporan
13.  Teknik KIE
14.  Pendewasaan Usia Perkawinan
2
2
2
4
4
2
2
2
2
2
2
4
2
2
2
-
2
-
-
2
2
-
2
-
-
4
4
-
-
-
2
-
-
2
2
2
-
2
2
2
2
2
4
2
6
4
4
6
6
4
4
4
4
10
8
4
C.
PENUNJANG





1.   Bina Suasana untuk Membangun Komitmen
1
1
-
2

2.   Rencana Tindak Lanjut
1
1
-
2
JUMLAH
40
20
20
76
 Catatan :
1 JP                             = 45 Menit
 Pembukaan/Penutupan = 4 jam


VIII.   STRATEGI LDU



IX.     PENILAIAN

a.  Penilaian Peserta
1.  Penilaian pengetahuan peserta dinilai dari Pre dan Post Test
2.  Penilaian sikap peserta berdasarkan hasil pengamatan fasilitator terhadap partisipasi peserta dalam proses pembelajaran
3.  Penilaian keterampilan peserta dilihat dari kemampuan peserta dalam mempraktikkan fasilitasi PBM

b.  Penilaian Fasilitator
Penilaian peserta terhadap fasilitator dilakukan dengan menggunakan form evaluasi pengajar yang meliputi :
1.  Penguasaan materi
2.  Penguasaan kelas
3.  Ketepatan penggunaan metodologi (Metoda dan Media)

c.  Penilaian Penyelenggaraan
Penilaian peserta terhadap penyelenggaraan Pelatihan dilakukan dengan menggunakan form evaluasi pengajar antara lain meliputi :
1.  Kelengkapan materi
2.  Akomodasi dan konsumsi
3.  Kondisi ruang belajar
4.  Pelayanan panitia terhadap peserta

X.         KRITERIA KEBERHASILAN

Pelatihan Dasar Umum Program KKB bagi calon PLKB/PLKB  ini dianggap berhasil jika 75% dari peserta pada akhir pelatihan  memiliki nilai baik.

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar